5 Tips Mengelola Restoran di Saat Ekonomi Lesu

Di saat ekonomi lesu dan daya beli turun, bisnis restoran seringkali terkena imbasnya. Orang-orang jadi lebih memilih memasak sendiri di rumah dan mengurangi kunjungan ke restoran. Berikut kami kumpulkan beberapa tips untuk membantu Anda manager restoran ataupun pemilik restoran agar bisa tetap efisien dan bertahan di kala ekonomi lesu.

1. Food Cost Balance

Rata-rata food cost restoran adalah sekitar 30 – 33%. Tapi untuk restoran yang telah berpengalaman dalam efisiensi dan operasional, food cost bisa ditekan hingga 28%. Salah satu cara menekan food cost tanpa mengurangi kualitas adalah dengan mencoba membicarakannya kepada supplier restoran Anda apakah ada alternatif bahan baku yang lebih hemat.

2. Tambahkan Bumbu Sederhana, Tapi Impact Besar

Seringkali, hanya dengan menambahkan bumbu sederhana di sebuah menu, akan memberikan impact yang besar (menjadi lebih lezat, lebih garing, lebih renyah, dll). Dengan demikian, Anda bisa menjualnya sebagai menu baru dengan margin profit yang lebih besar, padahal cost yang bertambah tidak signifikan.

3. Maksimalkan Kinerja Pelayan dengan Sistem Komisi

Dalam kondisi penjualan yang sepi, sebaiknya gaji pelayan restoran Anda lebih dititikberatkan pada sistem komisi. Hal ini akan membuat mereka lebih bersemangat melayani setiap tamu yang datang dan melakukan upselling. Jangan lupa, harus ada penalty juga untuk setiap human-error yang terjadi yang mengakibatkan cost membengkak (misalnya: sering terjadi salah order). Penggunaan sistem kasir yang terkomputerisasi akan sangat membantu dalam hal ini.

4. Perketat Sistem Inventory Anda

List setiap bahan-bahan dengan cost tinggi (misalnya daging sapi), lalu control secara ketat bahan-bahan tersebut. Set persentase toleransi yang ketat, dan lakukan stok opname secara rutin. Setiap penggunaan bahan-bahan, waste, dan barang rusak harus tercatat. Jika Anda pakai software restoran, pastikan dilengkapi fitur inventory restoran.

5. Promosi “Get More” VS “Less Price”

Umumnya kalau sepi pelanggan, restoran akan mengadakan promo harga diskon. Tapi sisi negatif dari strategi ini adalah mengurangi margin Anda. Pertimbangkan juga strategi dimana memberikan gimmick lebih banyak, tapi dengan harga yang sama. Misalnya, yang tadinya tidak dapat es teh manis, sekarang menu tersebut sudah termasuk gratis es teh manis.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan sukses terus bisnis restorannya! Baca juga: Tips Sukses Bisnis Restoran



Disclaimer:
Artikel ini hanya bersifat berbagi pengetahuan, tidak dimaksudnya sebagai rekomendasi ataupun saran profesional. Untuk permasalahan seputar restoran Anda, tetap sebaiknya gunakan jasa konsultan restoran profesional.

No Comments Yet.

Leave a comment